Commitment to the environment

By : AdminTheBu

Kamis, 18 Juli 2018 adalah hari terakhir pelaksaan MPLS, pada hari ke 4 ini, para peserta diajak dan diajarkan mengenai QCC SMK Negeri 1 Cikampek dan juga pengenalan tentang Sekolah Adiwiyata.

Setiap pagi diawali dengan apel dan diberikan amanat oleh pembina apel

Sebelum diadakannya Sekolah Adiwiyata, Sekolah SMK Negeri 1 Cikampek bekerja sama dengan perusahaan Toyota Indonesia tentang Quality Control Circle (QCC). Selain diajarkan tentang QCC, para peserta diajarkan tentang 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin), budaya aman saat berjalan kaki, dan juga budaya antre dalam melakukan kegiatan apapun.

Saat ini, sekolah SMK Negeri 1 Cikampek sedang menerapkan Sekolah Adiwiyata.

Adiwiyata merupakan upaya sekolah yang membangun program atau wadah baik dan ideal untuk mendapatkan pengetahuan dan sebagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan. (Wikipedia)

Adiwiyata merupakan program pendidikan lingkungan hidup. (Wikipedia)

Program Adiwiyata dapat mencipatakan sekolah yang nyaman, aman dan harmonis, khususnya untuk kebutuhan belajar peserta didik. Secara otodidak peserta didik perlahan menjadi generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Berikut di antara manfaat yang diuraikan jika memprogramkan Adiwiyata :

  • Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah. Meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi.
  • Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
  • Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
  • Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Adiwiyata

About the author

Jurnalistik SMKN 1 CIKAMPEK muncul dari nama Intelejen Sekolah yang dibangun pada tahun 2015 oleh beberapa orang,diantaranya adalah Nanda, Lilik, Fahmi. Dan pada tahun 2016 Intelejen Sekolah beganti nama menjadi Jurnalistik SMKN 1 CIKAMPEK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas